khitan; sunatan; sunat; haruskah di sunat ?

KHITANAN; sunat;

Khitan adalah pembuangan kulit kuncup kelamin pada pria dengan cara memotong kulit kuncup kelamin pria sampai batas leher kelamin pria, dilakukan dengan methode Konvensional maupun modern.
Khitan bagi umat Muslim hukumnya sunnah yang di haruskan, karena merupakan cara preventif/pencegahan terhadap suatu penyakit kelamin, dan apabila tak di khitan bagi pria Muslim di khawatirkan di daerah kelamin masih terdapat najis yang dapat membatalkan dalam ibadah Sholat, hingga bagi pria muslim diharuskan untuk di khitan lebih dahulu.
Cara memotong kulit moncong kelamin pria ada beberapa cara; baik secara Tradisional maupun dengan cara modern ( medis ), doeloe sebelum ada cara-cara modern ; dukun sunat melaksanakan khitan mengabaikan higyenis dan tanpa anaestesi lokal cenderung infeksi dan pendarahan yang hebat ada yang sampai meninggal dunia, apabila Hb dalam darahnya rendah. Dengan demikian darah akan lambat dalam pembekuan, yang pada ahirnya membahayakan nyawa karena pendarahan, belum lagi massa doeloe dalam perawatan masih tradisional terkesan infeksi dan menimbulkan borok hingga lama sembuh bahkan bisa terjangkit tetanus, ini sangat membahayakan.
Oleh karena itu jaman modern sekarang ini tidak perlu diragukan lagi untuk disunat (khitan), bahkan banyak non muslim dikhitan, sebab ditinjau dari segi kesehatan dapat mencegah penyakit kelamin Pria.
Sekarang khitan bukanlah suatu hal yang menakutkan bagi pria, dengan cara medis baik secara Konvensional maupun modern menggunakan Laser/electric cauter sebagai pengganti pisau bisturi untuk memotong kulup ( moncong ) kelamin Pria.
Perbandingan antara KONVENSIONAL dan ELECTRIC CAUTER
Kon = KONVENSIONAL / El : ELECTRIC CAUTER
Kon : Pasien di anaestesi lokal
El : sama
Kon : Pemotongan kulup mamakai pemotonganPisau/Bisturi
El : Pemotongan kulup memakai Filamen pijar
Kon : Pendarahan relatif ada
El : pendarahan nyaris tid, kecuali pria dewasa karena pembuluh darah
lebih besar. Kon : Penyembuhan agak lama 3-7 hari
El : Penyembuhan lebih cepat.
Kon :Bekas luka di jahit?hecting pembuluh darah diikat
El : bisa dijahit bisa tidak
Kon : bekas luka berupa luka sayat
El ; termasuk luka bakar
Kon ; bisa di verban bisa tidak
El ; bisa diverban bisa tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar