claim kartu jamsostek

baru baru ini mau melakukan claim kartu jamsostek aku,

Tata Cara Pengajuan Jaminan 1.Setiap permintaan JHT, tenaga kerja harus mengisi dan menyampaikan formulir 5 Jamsostek kepada kantor Jamsostek setempat dengan melampirkan:
a.Kartu peserta Jamsostek (KPJ) asli
b.Kartu Identitas diri KTP/SIM (fotokopi)
c Surat keterangan pemberhentian bekerja dari perusahaan atau Penetapan Pengadilan Hubungan Industrial d.Surat pernyataan belum bekerja di atas materai secukupnya
e.Kartu Keluarga (KK)
(Berdasarkan browsing)


Nah bagi gw nih pengalaman gw sendiri proses claim jht, pertama gw browsing dulu di internet untuk cari tahu kayak gimana proses claim jht, lalu mencari alamat kantor jamsostek yg paling dekat dengan tempat tinggal saya,

Kebetulan gw tinggal di dekat menara jamsostek, jadi gw pilih lokasi yg paling dekat ya jamsostek cabang setia budi di menara jamsostek jl.gatot subroto lt. 2.

Berbekal ktp,paspor,surat keterangan berhenti dari kantor,kartu keluarga,kartu kepesertaan jamsostek, gw jalan ke kantor itu.

Sampai di sana gw di salami pak security yg bertugas sekaligus receptionis, di tanyain mau ngurus apa ?
Gw jawab kalau gw mau claim jht gw, di tanyai lagi kalau sejak kapan gw berhenti, gw bilang kalau sudah sejak 5 thn lalu,
Lalu gw di tanyain kartu jamsostek baru gw, yang barusan gw berhenti dari perusaan terakhir gw kerja, tapi harus dilengkapi juga dgn surat referensi, maka yg kartu baru juga sdh bisa di claim, pikir pikir buat namabah saldo gw. Tapi setelah gw coba sms ke hrd bekas kantor gw, kalau gw belum bisa dpt referensi karena berhenti mengundurkan diri, jadi buat tabungan aja deh, soalnya kan harus di keep hingga 5 thn ke dpn,

Setelah ambil nomer antrian, gw duduk di meja yang disediakan untuk mengisi formulir,
Kemudian duduk ke tempat tunggu, sambil tunggu sambil perhatiin cara CS nya melayani para nasabah, ada yg harus balik lg, ada yg lama banget di meja CS nya, dll.

Giliran gw untuk di panggil, gw siapin semua dokumen yg di butuhkan, lalu ada sesi tanya jawab tentang kelengkapan dokumen,

Kalau di lembaran copian sih tertulis syarat claim jht :
-kartu jht asli,
-fc ktp/id
-fc surat referensi ex kantor
-fc kartu keluarga,

Jadi gw siapin yg foto copy aja,

Eh ujung2nya di tanyain yg asli juga,

Lah kok di minta yg asli lg, kan repot keluarin lg dari tas,
Kebayang kalau ngga tinggal di dekat gedung itu, lalu lupa bawa dokumen asli, lalu harus pending untuk balik ambil, kan repot juga.

Akhirnya setelah gw dimintain ktp asli, gw di tanyain juga soal kartu keluarga gw yg masih model jadul, yang penting kartu keluarga, lalu gw di tinggal oleh si CS, ke dalam buat FC ktp dan surat referensi aku, lumayan lama juga.... Nunggu dia balik,
Akhirnya balik juga,
Gw di tanyain cara bayar claim ini via transfer bank atau cash, gw jawab aja cash. Ngga perlu tunggu lama, (dalam hati asik gw bisa pegang duit hari ini) ...
Ternyata oh ternyata, gw di minta balik lagi hari kamis dan harus membawa ktp asli serta surat keterangan domisili...

Ohhhh repot juga ternyata mengurus pencairan dana JHT jamsostek ini.

Akhirnya gw belum jadi pegang duit dari simpanan kartu jamsostek gw.


Mmmmmm positif thinking aja deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar